Jumat, 25 Juni 2010

BOLA PIALA DUNIA (1970-2006)


Yang namanya piala dunia tidak terlepas dari bola resmi yang dimainkan. Sejarah edisi bola ini dimulai di tahun 1970 sampai sekarang ini, dengan perusahaan produsen bola yang sama. Usut punya usut, ternyata sang perusahaan asal jerman itu sudah membuat bola sejak tahun 1963, namun baru menjadi bola resmi piala dunia tahun 1970. Inilah bola-bola itu :
1. TELSTAR
Bola ini dipakai di edisi piala dunia mexico tahun 1970. Dengan 32 panel hitam putih(12 pentagon hitam dan 20 heksagon putih), bola ini menjadi ikon bola mungkin, mengingat di komik-komik kan gambar bolanya telstar
2. TELSTAR DURLAST
Tidak berbeda dengan telstar sebelumnya, hanya edisinya saja yang berbeda. Dipakai di piala dunia tahun 1974 Jerman Barat.
3. TANGO DURLAST
Bola ini dipakai di Piala Dunia 1978 di Argentina, makanya nama bolanya tango yang merupakan seni tari argentina dan menjadi ikon argentina. Bisa dibilang desain bola ini menunjukkan elegan, dinamis, dan semangat. Bola ini terdiri dari 20 panel yang desain bola ini akan dipakai selama 20 tahun. Seperti bola-bola sebelumnya, Bola ini terbuat dari kulit dan menjadi salah satu bola termahal karena harganya mencapai 50 poundsterling !
4. TANGO ESPANA
Dilihat dari desainnya, bola yang dipakai di edisi piala dunia 1982 Spanyol ini tidak banyak berubah dari bola edisi piala dunia sebelumnya. Namun perkembangan yang mengagumkan adalah bola ini tahan air karena lapisan karet yang melapisi bola ini. Terbuat dari kulit asli, bola kulit ini merupakan bola kulit terakhir yang dipakai di edisi piala dunia.
5. AZTECA
Bola ini merupakan bola sintetik pertama yang dipakai pada gelaran piala dunia 1986 di meksiko. Dekorasi yang mewakili kebudayaan meksiko ini memang terinspirasi dari sana. Dengan dilapisi polyurethane , membuat bola ini tahan air dan berkualitas bagus.
6. ETRUSCO UNICO
Sebagai bola resmi piala dunia 1990 itali dan Piala Eropa 1992 swedia, bola ini mencerminkan keindahannya. Sang desainer terinspirasi nama dan dekorasinya yang rumit dari sejarah Italia Kuno. Bola ini memiliki 20 panel seperti bola-bola sebelumnya dan dihiasi dengan gambar kepala singa sebagai hiasannya. wow !
7. Questra
Bola ini diproduksi adidas di pertengahan tahun 1990 dan merupakan bola resmi Piala dunia 1994 Amerika Serikat. Namanya diambil dari bahasa kuno yang berarti 'Pencarian Bintang'. Bola ini dibungkus oleh lapisan polystyrene foam, sehingga membuat lebih tahan air dan mempunyai akselerasi ketika ditendang.
8. TRICOLORE
Dilihat dari namanya saja, kita bisa menduga bahwa bola ini memiliki 3 warna. Yakni Merah putih biru sebagai dekorasinya ( warna dominasi bola tentu saja putih) yang merepresentasikan warna Prancis, negara tempat digelarnya piala dunia 1998. Bola ini merupakan bola pertama yang berwarna dan masih memakai desain dari edisi Tango ball. Tiga warna yang dihasilkan dibuat dengan memakai teknologi underglass print dan dilapisi sintetik foam.
9. FEVERNOVA
Masih menggunakan 20 layer yang menjadi ciri khas Tango Ball, namun desain dekorasinya sangat berbeda dengan bola edisi tango sebelumnya. Jika bola-bola sebelumnya memakai pattern yang sama dalam dekorasinya, bola ini agak berbeda. Warna dan kenampakan fevernova sebenarnya didasari oleh kultur Asia ( Jepang dan Korsel sebagai tuan rumah piala dunia 2002). Namun, bola ini dikritik karena terlalu ringan sehingga menciptakan gerakan bola yang tidak biasa.
10. TEAMGEIST
Bisa dibilang desain bola ini cukup menarik. Dengan 14 layer yang membuat bola ini seperti sebuah segidelapan dipotong. Bola ini disebut-sebut lebih bulat daripada bola-bola sebelumnya dan tahan air sehingga bola tidak akan bertambah berat sekalipun kena air. Terbuat dari kulit sintetik yang didatangkan dari korea selatan, busa dari Jepang, dan bagian dalam dari India membuat bola ini seoalah-olah mendekati kata sempurna. Akan tetapi, banyak kritik bermunculan dari pemain-pemain top dunia yang mengatakan bahwa bola ini terlalu ringan dan memiliki performa yang berbeda ketika basah.