Minggu, 24 Oktober 2010

Sadarkah Anda ?


SEDIH. LESU. LEMAS. GA PERCAYA.
Inilah ekspresi yang aku ungkapkan, setelah membaca Hadits Nabi Muhammad Salallahu'alaihiwasallam :
"Sungguh Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wa sallam telah memberitakan bahwa Islam ini pada awal kedatangannya adalah asing dan pada suatu saat nanti akan kembali dianggap asing (diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahih-nya: (145) dari Abu Hurairah), sebuah keadaan dimana orang-orang yang berpegang teguh dengan sunnah seakan menggenggam bara api, barangsiapa beramal pada hari-hari semacam ini maka pahalanya seperti pahala amalan 50 orang shahabat radhiyallaahu ‘anhum ajma’in, sebagaimana telah disebutkan dalam hadits-hadits yang masyhur:
“Akan suatu pada manusia suatu jaman, orang yang sabar (istiqamah) di atas agamanya pada jaman ini seperti memegang bara api."

Bagaimanakah perasaan Anda setelah membaca Hadits Nabi ini ? Apakah sama seperti yang saya rasakan ? SEDIH. LESU. LEMAS. GA PERCAYA. atau bahkan tidak merasakan apa-apa ?
Yang jelas, saya merasa jaman itu sudah mulai mendekat. Mungkin saya bisa dibilang terlalu optimis atau tidak realistis, saya merasa bahwa sekarang masih ada kok mujahid-mujahid islam yang berdakwah tak kenal uang dan waktu demi menyatukan agama ini.
Namun sekarang ada juga muslim yang sudah mulai apatis dengan agama ini. Meninggalkan ajaran agama islam dan lebih mengedepankan ajaran baru millenium modern.
Sejenak coba kita renungkan apa arti kata ".. seperti memegang bara api ". Kalau kita bayangkan, bara api itu sangat panas yang mungkin mampu melelehkan kulit kita. Kita akan merasakan perasaan menderita, tidak nyaman, siksaan yang begitu berat dan lain-lain.
Kembali ke fakta yang ada, sekarang bisa dibilang kelompok yang memegang sunnah biasa digosipkan. Orang yang melinting celananya karena Rasulullah dianggap sesuatu yang WEIRD ? orang yang sekilas tidak punya pacar ataupun tidak terlihat suka dengan lawan jenis dibilang MAHO ? orang yang mendahulukan kepentingan agama diatas kepentingan duniawi dibilang SOK ALIM ?
Beginilah, apakah jaman dimana islam adalah terasing akan datang ataupun malah telah datang ? Hal inilah yang sebaiknya umat muslim renungkan sejenak. Apakah umat muslim telah mengasingkan islam dari hatinya atau tidak. Percayalah, bahwa surga beserta isinya telah merindukan muslim yang berjuang di jalan Allah.
Maka dari itu, Semangat wahai saudaraku, semangat wahai umat muslim dunia, kita bangkitkan semangat keislaman kita agar menjadi orang yang beruntung kelak. Amiiin
Yaa ayyatuhannafsul muthmainnah.
Irji'ii ila rabbiki radhiyatammardhiyah.
Fad 'uli fii 'ibaadii,
wad khulii jannatii.
( Al Fajr: 27-30)
"Hai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya, maka masuklah ke dalam jama'ah hamba-hamba-Ku, masuklah ke dalam surga-Ku."